15 Juli 2012

Komposisi Warna Interior Rumah

Komposisi warna dalam sebuah desain interior menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Untuk mendapatkan suasana ruang yang diinginkan diperlukan kejelian dalam memilih warna-warna komponen pembentuk ruang.

Ada banyak pilihan komposisi warna, bisa memilih warna monochromatic ataupun warna full color, semuanya sangat tergantung pada tema rumah secara keseluruhan.

Pada rumah minimalis kecenderungan orang lebih memilih warna-warna sederhana yang menciptakan ruang-ruang yang serba minimalis. Warna putih, abu-abu, hitam biasanya sangat dominan dalam komposisi warna yang dipilih. 

Namun saat ini, permainan warna dalam sebuah rumah lebih bervariasi. Banyaknya literatur menjadikan pemilik rumah lebih berani memadu madankan warna dalam interior rumah mereka.



Seperti pada foto di atas, warna putih pada sofa dan ambalan sangat memungkinkan desainer untuk memadukan warna-warna cerah dalam komposisinya. Coffee table warna hijau menjadi point of interest dalam ruangan ini. Lihat bagaimana warna ini diulang dengan kehadiran dua box anyaman dengan warna senada pada ambalan. Perpaduan warna yang cantik dengan komninasi warna pink pada bantal dan bunga.


Komposisi warna yang senada coba dihadirkan pada contoh foto living room disamping ini.

Tema warna orange sangat dominan pada ruang ini, dengan fokus pada warna gorden. Paduan warna biru muda terasa nge-blend dengan warna orange. Lihat kembali adanya pengulangan paduan warna ini pada warna lukisan dan vas berikut bunganya.

Apapun tema interior rumah Anda, jangan ragu untuk memainkan komposisi warna. Hadirkan warna-warna yang berani untuk mendapatkan suasana yang baru. Namun jangan terlalu banyak menggunakan komposisi warna dalam sebuah rumah mungil, karena salah-salah malah akan membuat rumah Anda menjadi terasa penuh dan sesak.

Oke...mari kita coba memainkan komposisi warna dalam desain interior rumah kita.


gambar dikutip dari www.bhg.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...