23 May 2015

Membangun Rumah Murah

membangun-rumah-murah

Membangun rumah tak harus mahal. Yang penting utamakan fungsi dan struktur. Budget pembangunan dan finishing dapat diatur sesuai kantong. Berikut ini beberapa kiat untuk menekan budget membangun rumah murah :

1. Susun Rencana yang matang
Rencanakan pembangunan atau renovasi sematang mungkin. Perhitungkan mulai dari fungsi, desain, pilihan material, anggaran, perizinan hingga kapan waktu pembangunan. Yang terpenting dahulukan fungsi, desain bisa mengikuti fungsi dari ruang-ruang yang akan dibangun.

2. Konsultasikan dengan ahli
Untuk membangun rumah ideal sebaiknya Anda berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior. Konsultasikan fungsi dan desain rumah yang Anda harapkan. Minta juga pendapat bahan material apa yang cocok sehingga Anda bisa memperkirakan berapa biaya yang akan dikeluarkan.

3. Tentukan prioritas
Karena niat Anda membangun rumah murah dengan budget terbatas, maka prioritaskan membangun bagian rumah yang paling dibutuhkan. Anda bisa membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh. Jadi jika nanti ada anggaran lagi, Anda bisa melanjutkan pembangunan pada bagian lainnya.

4. Pandai memilih material
Pilih dan aplikasikan material yang kuat, mudah dan minim perawatan. Untuk menekan biaya, Anda dapat memilih material alternatif. Pertimbangkan spesifikasi material yang dipilih, baik dari segi harga, tampilan, kekuatan dan juga kemudahan pemasangan.

5. Pilih tukang terbaik
Sebaiknya pilih tukang yang sesuai dengan keahliannya, biarpun relatif lebih mahal, tapi hasil kerja mereka biasanya lebih baik dan lebih cepat.

6. Konsisten dengan rencana Anda
Nah ini yang terpenting. Jangan terlalu sering merubah rencana. Perubahan rencana berakibat pada tambahan biaya material dan juga ongkos bongkar pasang.

Jadi membangun rumah ideal tidak harus mahal, asal semua direncanakan dengan matang, Anda bisa membangun rumah dengan murah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...