26 February 2015

RUMAH SEJUK TANPA AC

Sekarang ini hampir setiap rumah diperkotaan memiliki AC untuk mendinginkan ruangan dan membuat kita terlalu bergantung pada keberadaan AC.Padahal jika dirancang dengan benar, kita bisa saja membuat rumah sejuk tanpa menggunakan AC, karena kita berada di wilayah tropis.

Berikut ini beberapa cara untuk menjadikan rumah terasa sejuk tanpa penggunaan air conditioner :
1. VENTILASI MEMADAI
Ventilasi harus lancar, untuk itu perlu diperhatikan bukaan rumah seperti jendela, pintu,dan lubang udara lainnya.Sebaiknya jendela berukuran besar dan mengikuti aliran udara, serta berada di sisi utara dan selatan sehingga sirkulasi udara lancar.
Arah hadap rumah yang memiliki banyak bukaan sebaiknya tidak menghadap langsung arah matahari.
rumah terbuka
rumah dengan bukaan lebar

2. ATAP PENGHALAU PANAS
Gunakan atap yang dapat menghalau panas,seperti menggunakan material genteng sebagai penutup atap. Material ini cukup baik untuk menghalau panas dibandingkan dengan asbes, seng atau bahan metal lainnya.Tidak harus genteng keramik, genteng plentong dari tanah liat yang dibakar sederhana pun sudah oke.
atap genteng
atap genteng

3. TINGGI PLAFOND LEBIH DARI 2,75M

Sebaiknya rancang tinggi plafond ruangan, terutama pada ruang publik, dengan ketinggian lebih dari 2,75 m. Dengan memperhatikan jarak plafond ke lantai, kita dapat meminimalkan udara panas tertahan dalam rumah.

4. GUNAKAN SUN SCREEN

Jika rumah Anda menghadap barat, gunakan penyaring sinar matahari (sun screen) untuk mengurangi paparan panas sinar matahari. Bentuknya bisa beragam, seperti pepohonan yang rimbun, tirai dan material lain yang diolah menjadi secondari skin.


taman rumah
taman di belakang rumah

5. TAMAN
Taman dapat meminimalisasi udara yang panas. Taman yang berada disisi barat dan timur dapat menghalau sinar matahari langsung dan membuat hawa yang masuk ke rumah lebih sejuk.
Keberadaan taman di dalam rumah, akan membuat sirkulasi udara menjadi sejuk












sumber : majalah IDEA
sumber gambar : dari berbagai sumber

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...