21 February 2015

PANDUAN MENDESAIN DAPUR


Merancang dapur dalam sebuah rumah bukan hal yang mudah, karena banyak pertimbangan yang harus dibuat. Jika Anda tidak memiliki dana untuk memakai jasa desainer interior, Anda bisa merancangnya sendiri dengan beberapa panduan dasar.
Langkah-langkah berikut bisa menjadi panduan dasar Anda dalam merancang sebuah dapur.

1. Tentukan Fungsi
Pertanyaan mendasar yaitu " Kegiatan apa saja yang akan saya lakukan di dapur?" kemudian " Apakah dapur ini berupa dapur kotor, dapur bersih atau merangkap keduanya?". Dengan menjawab pertanyaan ini kita akan menemukan apa-apa saja yang akan ada dalam dapur kita beserta perlengkapannya. Misalnya kompor, sink, kulkas, dispenser.

2. Lihat Ruang
Setelah mengetahui perlengkapan yang diperlukan, sekarang kita melihat besaran dan bentuk ruang yang dimiliki. Tantangannya adalah menyesuaikan kebutuhan dengan ruang yang ada.
Tentukanlah apakah akan memilih model dapur segaris, bentuk koridor, bentuk "U","L" atau dengan model meja island. Pilih yang paling sesuai dengan ruang yang tersedia. Tempatkan alat dapur sesuai alur kerja/ segitiga kerja di dapur.


3. Tentukan Segitiga Kerja
Apapun bentuk dapurnya, segitiga kerja berlaku untuk efisiensi kerja di dapur. Titik-titiknya menghubungkan Zona Persiapan (kulkas), Zona Mencuci (sink) dan Zona Memasak (kompor).

4. Rancang Area Penyimpanan
Setelah menentukan penempatan perlengkapan, selanjutnya adalah mendesain tempat penyimpanan. Tentukan berapa banyak peralatan yang dimiliki, agar kita bisa mengetahui banyaknya laci dan lemari yang diperlukan. Untuk menentukan banyaknya modul kabinet, idealnya bagi rata panjang kitchen set Anda. Ukuran modul kabinet berkisar antara 40-50 cm. Dan jangan lupa merancang tempat untuk meletakkan gas, dan perkakas basah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...