22 June 2015

MERANCANG RUANG TIDUR


Ruang tidur adalah salah satu ruang yang pasti ada dalam sebuah rumah. Dalam satu rumah bisa terdiri dari satu atau beberapa ruang tidur. Ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang tidur tamu dan juga ruang tidur pembantu. Tentu saja rancangan untuk tiap-tiap fungsi ruang tidur berbeda satu dengan yang lainnya.

Keadaan dan suasana ruang tidur memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Untuk itu sebuah kamar tidur sebaiknya memenuhi persyaratan psikologis, tentunya setelah persyaratan fisik terpenuhi.
Dalam syarat psikologis, sebuah kamar tidur harus memiliki tingkat privasi yang tinggi. Syarat berikutnya ialah suasana ruang sebaiknya dapat menstimulasi orang untuk beristirahat , atau mengendurkan ketegangan. Maka dari itu sebaiknya kamar tidur diberi sentuhan warna-warna yang lembut dan terang.




Persyaratan fisik tentu saja harus terpenuhi, seperti harus memiliki jendela atau bukaan tempat masuknya sinar matahari danpergantian udara segar. Fungsi pokok ruang tidur sebagai tempat beristirahat sebaiknya tidak diganggu dengan fungsi lain. Sebuah ranjang berikut kasur yang nyaman dan ergonomis merupakan furniture utama dalam kamar tidur.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...