4 June 2015

RUMAH MINIMALIS

rumah-minimalis-ide


Bagaimana rancangan rumah Anda? Apakah rumah Anda termasuk rumah minimalis? Minimalis sebenarnya merujuk kepada sebuah gaya yang sederhana. Dalam sebuah rancangan rumah minimalis, aspek fungsi menjadi penekanan pokok. Sehingga desain dari rumah ini dibentuk berdasarkan fungsi-fungsi suatu ruang.

Karena menonjolkan fungsi, maka tampilan rumah akan lebih sederhana. Kesederhanaan akan tampak dalam minimnya penggunaan detail  penghias atau ornament-ornament.

Dalam rancangan denah sebuah rumah minimalis, biasanya akan berdasar pada keselarasan fungsi tiap-tiap ruang. Penggabungan beberapa ruang yang saling berhubungan menjadi pilihan dalam sebuah rumah minimalis. Ruang keluarga, ruang makan dan dapur biasanya dirancang menyatu  tanpa adanya sekat.

rumah-minimalis-tanpa-sekat

Selanjutnya dalam sisi fisik bangunan, kembali lagi rumah minimalis didesain dengan menonjolkan kesederhanaan bentuk. Dinding polos tanpa ornament justru terlihat indah pada berapa fasade rumah minimalis. Bentuk atap datar dan miring mendominasi desain rumah-rumah minimalis. Kesederhanaan finishing tampil dengan membiarkan tembok tampil dengan warna-warna monokromatik dengan sedikit permainan warna yang hanya sebagai aksen.

rumah-minimalis-sederhana

Penggunaan perabot dalam rumah minimalis juga sangat mempertimbangkan fungsi. Sehingga kecenderungannya adalah minimnya perabot yang ada dalam rumah. Bahkan beberapa rancangan rumah minimalis menempatkan perabot yang multifungsi untuk memaksimalkan luasan ruang.


Harapan yang utama dari membangun rumah minimalis sebetulnya adalah meminimalkan anggaran biaya pembangunan rumah. Dengan minimnya ornament dan bentuk-bentuk serta ruang-ruang yang ada tentu akan berimbas pada minimnya biaya yang dikeluarkan. 

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...