31 Mei 2012

Kreasi Lemari


Setiap kali kita mendengar kata lemari, maka yang terlintas di pikiran kita adalah sebuah kotak yang berisi rak-rak dan laci sebagai tempat penyimpanan. Lemari memang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan biasanya berbentuk kotak dan memiliki rak, laci, gantungan juga daun pintu.
Apakah harus seperti itu? Yuk coba kita lihat beberapa kreasi lemari yang keluar dari pakemnya.

Lemari sepatu ini tadinya adalah sebuah rak sepatu terbuka yang terbuat dari papan kayu. Dengan sedikit kreasi, lemari sepatu ini diberi "baju" sebagai penutup. Corak kain yang dipilih bisa memanjakan mata yang melihat dengan permainan bahan corak polkadot pada sisi dalam.


Lemari baju ini hanya berupa tirai yang menutupi rak dan gantungan baju terbuka dari bahan besi. Tirai ini menutup penuh area "lemari" dari atas plafond hingga lantai. Warna kain tirai dipilih yang senada dengan tirai jendela, sehingga kehadirannya menjadi satu kesatuan dengan tema ruang secara keseluruhan.


Lemari ini dibentuk dengan membuat coakan pada dinding. Sengaja dibuat tanpa pintu penutup, diberi warna yang kontras dengan dinding didepannya, sehingga tampil menawan dengan beragam warna barang pengisi lemari ini.



Dibawah tempat tidur Anda ada ruang kosong? Coba buat lemari yang bisa dimasukkan pada kolong tempat tidur. Laci ini dibuat dengan bentuk kotak sederhana dengan finishing wallcover cantik sehingga cukup menarik untuk diletakkan pada kolong tempat tidur.




Keren kan? Jadi lemari tidak harus terbuat dari papan kayu dengan bentuk kotak. Jadikan ide-ide diatas sebagai inspirasi mengolah interior rumah Anda.


sumber gambar dari www.bhg.com

30 Mei 2012

Wadah Pernak-Pernik

Ada banyak pernak-pernik di rumah Anda? Bolpen, pensil, gunting, buku, majalah dan lain-lain seringkali terserak disembarang tempat dirumah Anda. Biarpun sepele namun jika kita hendak memakainya seringkali kesulitan menemukannya.
Oke...mari kita rapikan segala pernak-pernik tersebut. Berikut beberapa ide sederhana yang bisa diterapkan pada rumah Anda.


Gelas bisa Anda gunakan untuk meletakkan beragam pernik seperti pensil,gunting, klip. Letakkan gelas pada nampan plus kranjang tempat gelas.

Keranjang gelas dari stainless dipadukan dengan gelas stainless warna-warni bisa dijadikan tempat bolpen dan spidol yang cantik.















Nampan anyaman dengan sedikit modifikasi sekat pemisah cukup manis digunakan sebagai tempat pernik seperti kunci, ipod,kacamata dan lain-lain.



Ember bisa menjadi wadah yang cukup besar untuk beraneka barang. Cat dengan warna yang cerah, berikan sedikit aksen. dan Anda akan memiliki wadah yang cantik.














Mangkuk plastik bisa digunakan untuk meletakkan kancing-kancing dan peralatan menjahit lainnya.

Untuk pernik yang lebih beragam, Anda bisa membuat wadah dari plastik berupa kantung-kantung yang bisa digantungkan dibelakang pintu.



Bahkan gantungan baju pun bisa difungsikan untuk menggantung majalah dan koran, daripada berantakan di meja Anda.




Itulah beberapa ide untuk membuat wadah pernak-pernik yang murah tapi menawan.


sumber gambar : www.bhg.com

28 Mei 2012

Tips Menata Lemari Baju


Apakah lemari baju Anda berantakan? Pakaian-pakaian sudah tidak muat lagi? Mari coba menata ulang lemari baju dengan beberapa tips berikut ini .

 
1. Buat Inventarisasi. Untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan, Anda perlu tahu apa yang Anda miliki. Buatlah rincian  dari semua yang tersimpan di lemari. Kemudian Anda dapat menentukan berapa banyak ruang yang Anda butuhkan untuk rak baju lipat dan baju gantung, dan apakah Anda perlu laci atau rak, atau keduanya.

2. Pertimbangkan relokasi. Jika Anda menemukan pakaian-pakaian atau barang lain yang jarang digunakan. Cobalah untuk mengeluarkannya sehingga Anda tidak kehilangan ruang untuk pakaian sehari-hari.

3. Maksimalkan ruang vertical untuk menggantung pakaian.

4. Pertimbangkan untuk mengeluarkan 1 pakaian lama Anda setiap kali Anda menambah 1 pakaian baru, sehingga kapasitas lemari selalu memadai.

5. Kelompokkan pakaian berdasarkan kategori-kategori, misalnya T-shirt, Kemeja, Celana Panjang, Celana pendek , blazer, dan lain-lain.


6. Jika Anda memiliki lemari yang cukup besar dengan banyak rak, berikan label pada rak dan laci tersebut, sehingga Anda lebih mudah untuk mencarinya.

Demikian beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam menata lemari baju Anda.

sumber gambar : www.bhg.com

23 Mei 2012

Aplikasi Huruf dan Kata pada Dekorasi Interior


Membawa huruf dan kata ke dalam rumah Anda adalah cara yang bagus untuk menambah kesegaran dan kreativitas.Permainan huruf dan kata dengan komposisi yang bagus bisa diterapkan dalam dekorasi interior rumah.Huruf-huruf dan kata-kata bisa membangkitkan kreatifitas dan motivasi bagi orang yang melihatnya.




Aplikasi huruf dan kata bisa diterapkan pada sebagian besar interior ruang, mulai dari wallpaper, furniture, lampu, hiasan dinding dan aksesoris lainnya. Tentu saja penerapannya disesuaikan dengan komposisi ruang secara keseluruhan untuk menjaga keharmonisan visual.


Anda bisa menggunakan paduan huruf-huruf secara acak dengan ukuran yang berbeda-beda,dan juga memainkan warna dari tiap karakter huruf.Coba juga memainkan rangkaian kata-kata yang Anda sukai, seperti kata-kata motivasi misalnya.

 

 


Jadi jangan ragu untuk mencoba mengaplikasikan huruf dan kata-kata pada dekorasi interior ruangan Anda.Mainkan imajinasi Anda dan ciptakan ruang yang menggugah kreatifitas.



sumber gambar : www.freshome.com

22 Mei 2012

Rumah Container

Rumah merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia.Namun saat ini rumah menjadi suatu kebutuhan yang sangat mahal, sehingga untuk memiliki suatu rumah diperlukan dana yang cukup besar. Pada akhirnya bagi orang yang hanya memiliki sedikit uang akan memilih untuk mengontrak rumah sebelum mampu membelinya.

Bagaimana sih caranya untuk membangun sebuah rumah yang murah? Ada berbagai cara yang ditempuh, dengan menggunakan bahan yang murah, bentuk yang sederhana dan juga memakai bahan bekas atau daur ulang.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan container bekas. Bentuk container yang kotak dan besar sangat memungkinkan untuk dimodifikasi menjadi sebuah rumah.Tentu saja untuk menjadikannya sebuah hunian diperlukan penanganan yang benar, karena bahan metal dari container akan menjadi masalah tersendiri di Indonesia yang beriklim tropis.
Pembuatan rumah container cenderung lebih mudah dibandingkan rumah konvensional. Namun diperlukan peralatan berat untuk meletakkannya pada lahan yang akan dipakai.

Berikut ini beberapa contoh rumah container, mulai dari bentuk yang sederhana hingga modifikasi dari beberapa container yang disusun dengan konfigurasi yang apik.

















 sumber gambar :

http://freshome.com
http://homedsgn.com
http://containerhomess.com
http://artistichomedesigns.com

20 Mei 2012

Dapur 1 Meter Persegi

Rumah mungil selalu identik dengan keterbatasan luas ruangan. Kenyataan ini membuat pemilik rumah mungil harus pandai-pandai dalam mengolah ruang yang ada sehingga semua kegiatan dapat terpenuhi dalam rumah yang mungil. Tidak hanya dapat menampung semua kegiatan, rumah mungil juga harus nyaman ditempati. Maka ruang yang dibentuk sebisa mungkin tetap terasa lega.

Dapur dalam rumah mungil, biasanya justru diletakkan pada bagian belakang atau malah diluar rumah. Namun dengan sedikit kreatifitas, muncullah ide untuk membuat dapur mungil yang mampu menampung semua kegiatan memasak tanpa menyita banyak tempat.
 

Prototipe dapur ini karya  desainer Kristin Laass dan Norman Ebelt. Dalam satu kotak dapur ini semua perlengkapan memasak bisa ditampung, mulai meja eersiapan, meja makan,sink, kompor, microwave, kulkas, rak piring serta laci.


Semua perlengkapan diatur dengan rapi, sehingga jika sedang tidak digunakan, dapur ini hanya berbentuk sebuah kotak sederhana.


Ide dapur yang sangat brilian dan sangat bisa diterapkan untuk menghemat ruang pada rumah mungil Anda.

sumber gambar dari www.dornob.com

18 Mei 2012

Trik Membuat Dapur Mungil Terlihat Luas


Memiliki dapur yang luas merupakan idaman semua orang, terutama bagi yang menyukai kegiatan memasak. Namun dengan keterbatasan luasan rumah akhirnya dapur dibuat dengan luas yang minim. Bagaimana agar dapur  mungil terlihat lebih luas? Berikut ini beberapa trik yang bisa dicoba :


Gunakan Warna Putih. Warna putih sangat bersahabat bagi dapur mungil karena warna putih akan merefleksikan cahaya. Warna putih pada cabinet bawah dan atas, dinding serta plafond akan membentuk ruang yang yang luas.   


Gunakan Kombinasi Warna Senada. Jika Anda ingin memberikan warna pada dapur mungil Anda, sebaiknya gunakan kombinasi warna yang senada. Kabinet, backsplash dan lantai bisa menggunakan warna-warna yang masih dalam nada yang sama. 


Ganti pintu Kabinet Dengan Kaca. Membuat dapur mungil terlihat luas bisa dengan cara memainkan pikiran tanpa melebarkan ruang. Salah satu triknya adalah dengan mengganti pintu cabinet kayu dengan menggunakan kaca. Cara ini akan membuat dinding terasa lebih jauh dbelakang rak cabinet.


Maksimalkan Cahaya. Cahaya matahari yang cukup terang akan membuat ruang terasa lebih luas. Perhatikan letak jendela dapur Anda, usahakan posisinya member ruang yang luas bagi masuknya sinar matahari.  



Berbagi Ruang. Anda bisa menghilangkan dinding yang memisahkan dapur dengan ruang makan. Biarpun dapur mungil namun dengan berbagi ruang dengan ruang makan akan membuat keduanya terasa lebih luas.  


Pilih Keramik Yang Tepat. Beberapa motif keramik. akan memberi efek ruangan menjadi sempit, jadi hati-hati dalam memilih motif keramik untuk dapur mungil anda. Trik yang bisa diterapkan adalah dengan menata keramik dengan pola diagonal. Pola diagonal akan meluaskan pandangan mata. Sehingga dapur yang mungil akan nampak lebih luas.

semua gambar diambil dari www.bhg.com

16 Mei 2012

Meja Multifungsi


Memiliki rumah mungil membutuhkan kejelian dalam menata interiornya. Dengan penataan yang benar dan terencana, rumah yang mungil akan terasa luas. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan furniture multifungsi. 



Trick adalah sebuah rak buku yang bisa berubah menjadi meja dengan dua kursi. Meja ini bisa dijadikan meja makan, atau meja untuk membaca. Trick merupakan furniture multifungsi yang bisa diterapkan pada rumah mungil untuk mengatasi keterbatasan ruang.


Trick didesain oleh Sakura Adachi dengan bentuk yang sederhana dengan menggunakan bahan kayu.










sumber foto diambil dari http://dornob.com

Jendela dan Variasinya


Jendela merupakan bagian yang esensial dalam sebuah rumah. Jendela menjadi jalan bagi cahaya dan sirkulasi udara di dalam rumah. Lewat jendela pulalah penghuni rumah dapat melihat situasi diluar rumah. Jendela juga merupakan pendukung bagi estetika sebuah rumah,sehingga desain, ukuran dan penempatan jendela perlu diperhatikan dengan baik.

Maka dari itu, sebaiknya jendela dibuat dengan ukuran yang proporsional dan di desain dengan memperhatikan ukuran ruang. Jendela bisa dibuat menyatu dengan pintu atau dibuat terpisah dengan jarak tertentu, seperti diletakkan pada sudut sebuah ruang.


 
Bosan dengan bentuk jendela yang itu-itu saja ? Anda bisa berkreasi untuk menghadirkan bentuk jendela yang lebih atraktif. Anda bisa memadukan jendela yang dapat dibuka dengan jendela mati. Atau Anda bisa juga membuat bukaan ke samping atau ke atas atau bahkan ke bawah sebagai variasi.

 
Untuk memberikan nuansa yang lebih atraktif lagi, Anda bisa menggunakan model kaca patri dengan beragam desain yang sesuai dengan konsep rumah Anda. Namun Anda harus memperhatikan unsure warna yang digunakan, sebaiknya pilih warna-warna yang sesuai dengan desain rumah secara keseluruhan.









Jendela dapat dipercantik dengan menggunakan tirai atau gorden. Terdapat beraneka ragam tirai dan gorden yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan konsep desain rumah Anda.



Selamat berkreasi dengan jendela rumah Anda.

9 Mei 2012

Memaksimalkan Ruang

Rumah minimalis saat ini menjadi tren desain sebuah rumah. Minimalis tidak hanya pada bentuk namun juga pada luasan ruang. Saat ini lahan untuk membangun rumah harganya melambung tinggi, sehingga muncullah perumahan dengan ukuran rumah yang minimalis.
Bagaimana cara menyikapi keterbatasan luas ruangan pada rumah mungil? Berikut ini sedikit solusi ide untuk memaksimalkan ruang yang mungil.
  • Memaksimalkan ruang ke atas bisa dijadikan solusi bagi ruang yang terbatas. Contohnya pada kamar anak,dimana kebutuhan akan ruang tidur dan ruang belajar harus terakomodasi. Pada ide dibawah ini, tempat tidur dan meja belajar diletakkan pada posisi atas. Sementara bagian bawah dioptimalkan sebagai area bebas yang bisa digunakan untuk lemari penyimpanan dan area bermain.



  • Solusi berikutnya adalah dengan menyembunyikan furniture pada saat tidak digunakan. Tempat tidur saat tidak digunakan dapat dilipat sehingga ruangan menjadi lebih lega.







  • Penggunaan furniture multifungsi bisa menjadi solusi terbaik. Kegiatan bekerja atau belajar dirumah dan kegiatan istirahat yang dilakukan secara bergantian memungkinkan penggunaan furniture multifungsi seperti contoh berikut.

Itulah beberapa solusi yang bisa menjadi referensi dalam memaksimalkan ruang sempit dalam rumah minimalis .
sumber gambar :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...